Type what you are searching for:
Welcome to Inspace Studio.

Yuk! Kenali Bermacam Jenis Material Kayu

Kayu merupakan bahan material alami yang bersumber dari tumbuhan yang mengalami proses pengayuan atau yang disebut lignifikasi. Bahan material kayu merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan dan keperluan sehari-hari. Banyaknya barang dan elemen interior yang menggunakan bahan material kayu. Kayu pun memiliki beragam jenis dan karakter masing-masing. Berbeda jenis kayu, berbeda pula fungsi dan kebutuhannya. Yuk! Kenali bermacam jenis material kayu dan karakternya.

  1. Kayu Jati

    Kayu jati merupakan kayu yang menjadi primadona bagi semua konsumen, baik dalam mengolahnya menjadi material dalam interior maupun menjadi produk-produk seperti kitchenware, meubel, dan home decor lainnya. Kayu jati terkenal akan kekuatan dan kepadatannya. Kekuatan kayu jati berasal dari kandungan minyak yang dapat mempertahankan bentuk dan tahan ketika terkena air.

  2. Kayu Mahogany

    Jenis kayu ini hanya tumbuh di daerah beriklim tropis, salah satunya negara Indonesia. Kayu dengan warna yang lebih cenderung merah gelap ini memberikan kesan lebih hangat ketika diaplikasikan dalam elemen interior, seperti pada lantai, dinding, dan plafon. Kayu mahogany atau yang banyak disebut kayu mahoni ini cocok untuk dipakai pada elemen interior kamar mandi karena pori-porinya yang kecil sehingga tidak merubah bentuk dan tekstur kayu sehingga kayu akan lebih tahan lama.

  3. Kayu Kamper

    Kayu jenis kamper ini banyak digunakan sebagai material bangunan rumah karena strukturnya yang kuat dan memiliki bau yang tidak disukai oleh rayap dan hama kayu. Memiliki serat dan tekstur yang halus, dapat digunakan sebagai material pintu atau jendela.

  4. Kayu Merbau

    Kayu merbau memiliki julukan yaitu kayu besi karena kekerasannya dan kekuatannya. Kayu yang berasal dari papua ini tergolong jenis kayu yang tahan terhadap serangan jamur, rayap dan hama perusak kayu.

  5. Kayu Pinus

    Kayu Jati Belanda adalaha sebutan lain untuk kayu pinus karena dahulu saat jaman penjajahan banyaknya warga belanda menggunakan kayu pinus sebagai bahan untuk peti kemas, sehingga masyarakat indonesia menyebut kayu pinus sebagai kayu jati belanda. Kayu pinus memiliki serat alami yang sangat cantik karena seratnya yang tegas dan terlihat di permukaan, cocok untuk dijadikan bahan material furniture dengan finishing natural. Bahannya yang cenderung lebih ringan juga menjadi pilihan.

 

 

 

 

No Comments
Leave a Comment